Minggu, 12 April 2009

Sony Mungkin Jual Laptop Mini dengan Via OpenBook


TAIWAN, SENIN - Sony sepertinya akan merilis laptop terbarunya yang mengusung bentuk mini menggunakan platform desain VIA Open Book. Prototipe dengan identitas Sony tanpa sengaja terungkap saat Quanta Computer dari Taiwan memamerkan prototipe laptop mini minggu lalu pada WiMax Expo, pameran yang digelar menjelang Computer.

Identitas Sony muncul saat spesifikasi prosesor di komputer dicek. Selain diketahui bahwa prosesor yang dipakai merupakan VIA C7-M 1,6 GHz, tercatat Sony sebagai pemanufaktur.

Saat dikonfirmasi, pihak Quanta tak bersedia menjelaskan mengapa nama Sony tercatat. Pihak Sony juga belum menanggapi kabar tersebut. Namun, Quanta mengatakan laptop tersebut akan mulai tersedia di pasaran mulai kuartal ketiga tahun ini.

Quanta dikenal sebagai produsen laptop yang memasok berbagai merek produk. Jika benar laptop tersebut diproduksi untuk Sony, ini berarti penetrasi platform prosesor VIA di pasar laptop mini akan semakin besar.

Platform OpenBook dari VIA telah dipakai pada laptop mungil HP Mini Note dan kabarnya juga segera dipakai Acer dan Dell. Desain Open Book dikembangkan VIA untuk mempercepat siklus desain ke pasaran untuk menggunakan prosesor VIA pada laptop-laptop mungil.

OpenBook berbasis prosesor C7-M VIA 1,6 GHz dan chipset VX800. Spesifikasi utamanya adalah layar 8,9 inci dengan resolusi hingga 1024×600 piksel dan dudkungan hardisk hingga lebih dari 80 gigabyte. Modul koneksi wireless yang didukung Wi-Fi dan bluetooth serta pilihan modul Assisted GPS, WiMax, dan 3G.

Prototipe OpenBook yang dipamerkan Qiuanta dengan identitas Sony di dalamnya menggunakan hardisk 60 GB, memori 1 GB, dan Wimax. Sistsme operasi yang ditanamkan adalah Windows Vista Home Basic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

slide kulo