Rabu, 08 April 2009

APAKAH MASIH ADA MATA DALAM HATI KITA ???

Kita hanyalah seorang manusia biasa yang memiliki ego, logika dan perasaan. Kita sering menyimpulkan sesuatu sesuka hati kita, tanpa memikirkan kebenaran yang sebenarnya terjadi. Itu memang sah salahnya, tapi selalu adanya.

Satu ketika kita melihat sesuatu yang dilakukan oleh orang lain. Saat itu pula kita akan memikirkan suatu pendapat yang sesuai dengan pikiran kita. Kita memdahulukan ego kita untuk sebuah pikiran dan oendapat yang belum tentu kebenarannya. Dan kata – kata…… “ ha…ini kok gitu ya..”…”oh.. ternyata gini ya..” oh ini oh itu dan lain lain sebagainya sering sekali keluar dari bibir kita.

Sangat disayangkan sekali peristiwa seperti itu terjadi. Hal itu akan mengarahkan kita pada satu hal yang suatu saat membuat kita menyesal. Menyesal karena tak akan pernah datang kepada kita tentang apa arti yang sebenarnya. Benar yang kita anggap selama ini ternyata salah. Itu akan membuat diri kita malu apalagi saat pendapat dan pikiran anda yang belum tentu kebenarannya dan selama ini telah anda ungkapkan kepada orang lain yang awalnya tidak tahu menjadi tahu. Tapi yang mereka ketahui adalah sesuatu yang salah. Kesalah pahaman yang tersebar luas itu akan merugikan pihak – pihak yang terkait.

Tapi pada satu saat kita mengetahui apa yang sebenarnya. Satu rasa menyesal akan kita rasakan karena kita telah melakukan perbuatan yang salah akibat pendapat yang didahulukan oleh ketinggian ego kita. Kita juga akan merasa malu saat orang lain mulai sadar bahwa apa yang kita kemukakan selama ini salah. Ini semua akan menghantui perasaan anda, akan membayang- bayangi hidup anda dengan rasa berdosa, dan pelan – pelan akan membuat anda gila dengan kegilaan itu sendiri.

Dari sini kita harus mulai belajar memahami apa arti sesuatu yang sebenarnya. Janganlah mendahulukan ego kita dalam merasa, berpikir, dan akhirnya berpendapat. Itu akan merugikan pihak lain dan akhirnya diri kita sendiri.

Tuhan memberi kita dua pasang mata. Sepasang mata yang satu akan menunjukkan kita sesuatu yang kasat mata. Tapi kepakaan mat yang ada dalam lubuk hati kitalah yang akan menunjukkan kita terhadap sesuatu yang benar dan tidak akan membawa kita dalam lumbung penyesalan. Memang mata itu tak mudah untuk menilai sesuatu,. Tapi kita harus selalu memiliki sifat yang tidak terlalu meninggikan sikap ego kita. Dan lihat saja…… kita akan mendapatkan pendapat yang benar dan kita harapkan….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

slide kulo