Sabtu, 11 April 2009

CARA CEPAT MENANGKAL VIRUS DI PC KAMU

Siapa sih yang nggak sebal saat komputer yang dipakainya terjangkin oleh virus komputer, walau pun virus tersebut tidak berbahaya atau tidak menyebabkan data-data yang kita miliki menjadi rusak. Berikut beberapa cara agar komputer kita aman dari serangan virus.

==> Update Sistem Operasi,
SO (sistem Operasi) Windows yang merupakan SO yang sering digunakan saat ini cukup rentan terhadap serangan virus komputer. Ini bukan berarti SO Windows jelak atau tidak bagus, tapi ini lebih disebabkan oleh banyaknya penggunaan SO Windows baik yang asli maupun bajakan. Oleh sebab itu SO windows merupakan sasaran empuk bagi para hacker atau pembuat virus. Makanya disarankan untuk mengupgrade SO yang kita miliki. Sangat disarankan Anda menginstall Windows SP (service Pack 2) karena lebih banyak memiliki sistem pengaman dari serangan firewall dari pada versi sebelumnya. Selain itu selalu monitor perkembangan patch untuk sistem operasi yang Anda gunakan. Jika ada yang baru segera di-download dan jalankan agar menutup lubang security yang ada pada komputer Anda. Ini akan membuat virus sedikit sulit untuk menyebar.
==> Install program anti-virus dan update secara reguler,
Salah satu cara yang ampuh untuk menangkal masuknya virus komputer adalah dengan memasang program anti virus dan mengupdatenya. Meskipun terkadang masih ada beberapa virus yang tidak terdeteksi oleh anti virus yang kita miliki.
==> Disiplin Saat Browsing Internet,
Bagi anda yang sering browsing internet baik menggunakan PC pribadi ataupun dari warnet sebaiknya jangan menggunakan IE (Internet Exproler) versi 6 dan sebelumnya. hal ini disebabkan pada versi tersebut masih banyak terdapat celah-celah yang dapat dimanfaatkan oleh para hacker untuk mengirim virus komputer. oleh sebab itu disarankan untuk menggunakan Mozila Firefox, Opera, atau IE versi 7.
==> Hati-Hati Saat Membuka Storage Orang Lain,
Awas ancaman VIRUS ingat terus kata-kata itu ketika Anda membuka media penyimpanan milik orang lain atau membuka data yang baru Anda ambil dari komputer orang lain karena bukan tidak mungkin media penyimpanan tersebut telah terinfeksi virus.
==> Gunakan Firewall
Kalau komputer anda terkoneksi di jaringan (LAN di kantor atau Internet), selalu hidupkan firewall. Windows XP SP-2 sudah menyertakan firewall yang biarpun fungsinya minimal tapi lebih baik daripada tidak sama sekali. Firewall akan menghalangi akses-akses yang tidak terotorasi oleh pihak lain. Firewall biasanya cukup ampuh untuk menangkal worm dan trojan. Selain itu Sebuah firewall juga mampu untuk mencegah akses ilegal ke sistem komputer atau jaringan Anda. Ini juga bisa mencegah penyebaran virus secara cepat ke dalam jaringan.
==> Membuat orang paham terhadap risiko virus,
Beritahu semua orang baik itu saudara atau pun teman kita tentang resiko terjangkit virus komputer baik itu saat bertukar data, berkirim email, maupun saat mendownload sebuah program atau game.
==> Selalu buat backup data,
Hal yang terpenting agar kita tidak marah-marah ketika komputer kita terserang virus adalah sebaiknya kita selalu membuat backup data, khususnya untuk data-data yang penting. Sebaik backup data dilakukan secara berkala.

Gimana? Apakah Anda sudah melakukan persiapan untuk menangkal virus komputer merusak data Anda atau anda berniat beternak virus dikomputer Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

slide kulo