Rabu, 08 April 2009

microsoft system configuration


MSCONFIG adalah troubleshooting tool yang bisa digunakan untuk mendisable software/driver/dsb., dari boot up, dan bisa membantu Anda memecahkan masalah, dan juga membantu jika Anda ingin meningkatkan performance komputer.
Untuk mengakses MSCONFIG, klik ’Start > Run’ dan ketik ’msconfig’, kemudian klik ’OK’.
Tools ini biasanya diusung dalam sistem operasi MS. WIndows versi klien, seperti Windows 98 atau Windows XP. []

msconfig, fungsinya untuk configurasi windows saat booting sampai login dan siap pakai.
cara menjalankan (notes: Administrator account only)
Start - Run - ketik msconfig - OK

Jendelanya simple, jadi silakan coba sendiri aja.
fungsi2 yang sangat berguna:
- customisasi start-up, baik start-up by user ataupun by system. tanpa harus delete shortcut, jadi cukup pilih (tick) yang mau dijalankan, atau un-tick yang tidak mau mau dijalankan. beda halnya klo hacking di registry, harus selalu membackup sebelum delete registry entry.
- customisasi services, seandainya ada program2 yang jarang kita pakai, tapi service-nya selalu running, disini bisa di stop supaya tidak jalan. hati-hati untuk me-non-aktifkan service2 bawaan windows, bisa2 windows tidak jalan. (iyalah, windows gue juga gue tinggal dirumah, kalo pagi dibuka, klo malem ditutup)
- customisasi booting, misalnya ngilangin logo winXP yang ada blue bar itu (dulu sih keliatan keren banget, dibandingin logo win98)

How to use MSCONFIG

Built into Windows is a special tool called the “Microsoft System Configuration Utility” or simply “MSCONFIG.” Designed to help you troubleshoot problems with your computer, MSCONFIG can also be used to ensure that your computer boots faster and crashes less.

Most people know that the more programs you have running on your computer at once, the more likely it is that your computer will either run slowly or even crash. What most people don’t know is that every time you boot your computer a whole mess of “hidden” programs load in the background. Some of these hidden programs are essential, but most aren’t. Turning off some of these hidden programs can significantly increase your computer’s performance and reliability.

MSCONFIG

Ketika komputer pertama kali dinyalakan, ada sejumlah program komputer yang langsung dijalankan sebelum akhirnya kita melihat desktop Windows yang ber-wallpaper itu. Masalahnya adalah, tidak semua program komputer yang dijalankan itu benar-benar kita butuhkan. Sayangnya, Windows menganggap bahwa kita butuh atau tidak program-program itu harus ada dan dijalankan. Akibatnya komputer kita menjadi lambat pada saat start-nya atau kurang gesit ketika menjalankan beberapa program sekaligus.
Untung saja ada cara untuk mengatur itu. Kita bisa menonaktifkan program-program (atau sub-program-sub-program) Windows yang tidak kita butuhkan. Untuk kita kita dapat menjalankan perintah MSCONFIG. Caranya adalah, jalankan start, pilih run, tuliskan msconfig, lalu tekan enter. Ada beberapa jendela yang bisa kita klik. Di antaranya adalah Services dan Startup. Di dalam dua jendela ini ada beberapa pilihan yang dapat kita berikan check atau uncheck. Bila diberi tanda check, artinya entri itu akan dijalankan pada saat komputer kita di boot atau dinyalakan pertama kali. Bila uncheck, maka tidak dijalankan. Hal yang sama juga berlaku pada jendela startup.
Ada masalah di sini, yaitu sebenarnya kita mesti benar-benar paham apa yang di check atau di uncheck. Tapi ada entri yang benar-benar aman untuk kita uncheck. Pada jendela services
antara lain :
- Error Reporting Service - maksudnya bila ada gangguan di Windows maka komputer kita
yang terhubungkan ke Internet akan otomatis melaporkannya ke pabrik pembuat Windows.
Ini tidak perlu. Uncheck saja.
- Fast User Switching Compatibility - kebanyakan dari kita menggunakan sebuah komputer
untuk kita sendiri, tidak berbagi dengan orang lain. Windows memang memungkinkan kita untuk berbagi dengan orang lain. Pada saat komputer pertama dijalankan kita bisa mengatur
sehingga setiap orang punya alokasi masing-masing dan tidak saling bisa melihat file di dalamnya. Ini tidak perlu bila kita tidak berbagi Windows. Uncheck saja.
- Help and Support - kebanyakan dari kita bila ada masalah dengan Windows merasa lebih enak bertanya daripada membaca. Sebenarnya Windows sudah menyediakan dokumentasi tentang apapun, yaitu dengan cara menekan tombol F1. Bila kita tidak pernah memencet tombol F1 maka ini bisa kita uncheck.
- IMAPI CD Burning COM service - apakah komputer kita dilengkapi dengan CD Writer ? Bila tidak, uncheck saja.
- Netmeeting Remote Desktop Sharing - apakah kita pernah bekerja dari rumah misalnya untuk mengoperasikan komputer yang ada di kantor / tempat lain ? Kalo tidak ya uncheck saja.
- Smart Card - Apakah di komputer kita ada fasilitas Smart Card ? Kebanyakan tidak. Uncheck saja !
- Uninterruptible Power Supply - Apakah komputer kita dilengkapi dengan UPS ? Kebanyakan tidak. Uncheck !
- Automatic Updates - Ini wajib di uncheck. Kenapa ? Karena kebanyakan dari kita menggunakan Windows bajakan. Bila tetap di check dan komputer kita nyambung terus ke Internet, maka tinggal menunggu waktu saja sebelum akhirnya Windows kita tidak bisa jalan sama sekali ! Pabriknya Windows punya cara untuk melakukan ini. Saya akan cerita khusus soal ini lain waktu.
Sebenarnya masih ada lain lagi yang bisa di uncheck. Tapi tiap komputer berbeda-beda karena
program-program yang diinstal juga beda. Tapi yang saya sebutkan di atas hampir sama di
semua komputer yang menjalankan Windows XP.
Setelah semua selesai, klik apply, close, lalu pilih restart.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

slide kulo